“Setup Did Not Find Any Hard Disk Drives” Saat Menginstall Windows XP

Pernahkah anda mengalami pesan Eror tersebut saat menginstal Windows XP pada saat proses penginstalan ? Saya sendiri pernah mengalami kejadian tersebut saat menginstall Windows XP untuk Laptop saya. Eror tersebut ternyata terjadi karena CD Installer Windowx XP anda belum memiliki Driver SATA (Serial ATA) Controller di dalamnya. Solusinya adalah kita harus menginjeksikan Driver SATA (Serial ATA) Controller tersebut ke dalam Installer Windows XP yang kita punya dengan Software yang bernama nLite. Berikut ini adalah solusinya :
Persiapan :
Membuat Custom Windows XP :
1. Lakukan penginstalan nLite
2. Masukan CD Installer Windows XP ke dalam Optic Driver anda.
3. Jalankan nLite lalu akan keluar sebuah windows untuk memilih bahasa. Defaultnya adalah bahasa Inggris untuk itu kita biarkan saja dan klik Next
4. Pada menu berikutnya, Pertama anda akan diminta memasukan letak direktori CD Installer Windows XP dengan cara mengklik tombol Browse

5. Lalu akan muncul sebuah window untuk memilih letak direktori Installer Windows XP anda dan tekan OK.
6. Jika anda sudah memilih letak direktori Installer Windows XP, selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan direktori sementara dimana anda akan menyimpan file-file Windows XP yang akan di injeksikan dengan Driver SATA Controller.
NB : Pada gambar di atas saya membuat Folder baru yang bernama XPISO pada Drive C, tekan OK jika sudah selesai.
7. Setelah itu dengan otomatis nLite langsung akan mengcopykan file Installer Windows XP yang dibutuhkan ke dalam Folder XPISO dan jika sudah selesai nLite akan menampilkan beberapa informasi mengenai versi Windows XP yang anda pakai.
8. Langkah berikutnya tekan Next hingga ke menu berikut ini muncul :
9. Pada menu tersebut pilih Drivers dan Bootable ISO lalu tekan tombol Next hingga ke menu untuk memilih Driver.
10. Saat menu untuk memilih Driver Muncul tekan tombol Insert dan pilih Single Driver.
11. Lalu anda akan diminta untuk membrowse direktori dimana anda mengekstrak file Driver SATA Controller yang baru anda download pada langkah Persiapan dan tekan Open.
NB : Tidak akan ada masalah anda memilih file *.inf yang mana karena dengan otomatis nLite akan menselect seluruh isi foldernya.
12. Setelah itu anda akan diminta untuk memilih Driver secara spesifik. Jika anda tidak tahu mana yang harus di pilih, maka select saja semua driver yang ada di list lalu klik OK. Tapi jangan samapi memilih  driver 64-bit jika anda menggunakan OS berbasis 32-bit.
13. Selanjutnya tekan Next hingga ke menu pembuatan Bootable Disc. Pada menu tersebut di bagian Mode pilihlah mode Burn Image untuk langsung melakukan burning file ISO tersebut ke dalam CD/DVD kosong. Lalu klik Make ISO.
14. Selamat anda telah membuat Installer Windows XP yang sudah terintegrasi dengan Driver SATA Controller.
Selamat Mencoba ^^

0 komentar:

Posting Komentar